Selasa, 08 September 2015

Sejarah Gitar Yamaha

Sejarah Gitar Yamaha


Gitar Yamaha sudah ada sejak 60 tahun lalu, dan perusahaannya sendiri sudah berdiri sejak lebih dari 100 tahun yang lalu. Di tahun 1887, Torakusu Yamaha memproduksi organ reed pertamanya dan mulai menerima order untuk memproduksi lebih. Di tahun 1897, Nippon Gakki Co. Ltd didirikan dengan Torakusu sebagai Presiden Direktur dari perusahaan tersebut.Dalam 40 tahun kedepan, perusahaan Yamaha memproduksi organ, piano, marmonika, furnitur, phonograf, dan gitar akustik pertama mereka pada tahun 1942. Pada tahun 1965, satu tahun setelah The Beatles membuat show legendaris mereka Ed Sulivan, Yamaha memulai produksinya untuk gitar berbadan solid. Di tahun 1966, perusahaan Yamaha juga memulai gitar bass elektrik.

Pada tahun 1970an, Yamaha mulai menerima perhatian dari artis-artis besar seperti Carlos Santana dan Bob Marley karena kualitas dan desain gitarnya yang menawan. Gitar Yamaha di desain dalam prosedur yang ketat sedemikian rupa sehingga gitar yamaha tersebut dapat memproduksi nada yang kuat namun tetap lembut dengan sustain yang luar biasa. Juga dengan “Broad Bass” yang di kenalkan di pasar pada tahun 1977 juga dengan cepat menerima perhatian dari para pemain bass terkenal pada masanya termasuk Paul McCartney.
Pada akhir tahun 1980an, Yamaha membuka pabrik di Utara Hollywood, California. Disitu mereka mulai memproduksi gitar dengan memanggil para gitaris profesional untuk membantu mereka dalam memproduksi gitar yang dapat memenuhi segala ekspektasi dari para pemain gitar.
Salah satu alasan dari suksesnya gitar Yamaha adalah target dari desain gitar. Setiap gitar harus memiliki keseimbangan nada dan respon dari bass dan treble juga harus saling melengkapi satu sama lainya.
Langkah dari Yamaha yang sangat penting adalah pengenalan desain Dovetail neck joint pada tahun 1970an yang merupakan best neck to body contact. Sambungan dari leher gitar dibuat dari kayu yang membantu resonansi gentaran yang mudah dari leher gitar ke badan gitar dan membuat nada dan respon yang seimbang.
Yamaha juga percaya bahwa menggabungkan beberapa jenis material dari kayu berkualitas baik turut perperan penting dalam mendapatkan suara yang sempurna. Hasilnya, dengan menggabungkan beberapa material berbahan kayu kualitas tinggi, suara yang dihasilkan oleh gitar melampaui kemampuan dari gitaris itu sendiri sepanjang waktu.
Bagian penting dari gitar Yamaha yang lainnya adalah tipe dari laquer yang mereka gunakan. Mereka berrekanan dengan pembuat laquer dalam rangka mendapatkan laquer terbaik untuk gitarnya. Yamaha ingin memastikan bahwa gitarnya terlihat sempurna setiap waktu.
Oleh karena desain yang sangat baik dari yamaha, banyak artist yang memilih yamaha sebagai gitar mereka dalam tour atau studio. Beberapa artis tersebut adalah Michael Anthony, John Denver, John Lennon, Bob Marley, Brian May, Paul McCartney, Jimmy Page, Carlos Santana, Bob Seger, Billy Sheehan, Paul Simon, Bruce Springsteen and James Taylor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar